Selasa, 18 Oktober 2016

Sukses Bisnis di Media Sosial


Sukses Bisnis di Media Sosial

Pada jaman sekarang dimana semua orang sudah ketergantungan pada internet dan gadget/smart phone. Apapun dapat mereka lakukan hanya dengan gadget /smart phone yang mereka miliki, mulai dari pesan makanan tanpa harus mengantri dan bermacet-macetan plus diantarkan sampai di tempat, sampai dengan pemesanan hotel, tiket pesawat, pesan alat transportasi online, dll.
          Dengan kecanggihan teknologi yang sudah merakyat akhirnya menjadi peluang usaha bagi para pengusaha baru yang mulai menjamur. Bicara usaha online sekarang ini banyak sekali pengusaha-pengusaha online mulai dari makeup, kuliner, snack, perlatan rumah tangga, kebutuhan kantor, furniture, alat-alat elektronik, dan lain-lain. Yang tadinya dengan cara konvensional akhirnya sekarang sudah mulai kearah digital atau dengan kata lain jaman sudah berubah, bukan berarti cara yang konvensional adalah cara yang kuno tetapi apabila digabungkan dengan system yang terbarukan sehingga cara konvensional itu akan berubah dan berkembang sesuai dengan jamannya. Yang tadinya untuk memulai usaha harus mengeluarkan modal yang besar terutama harus sewa tempat usaha (kios, ruko, moko, dll), perlengkapan usaha, stok barang, karyawan, perawatan bulanan, dll. Dengan usaha online untuk memulai usaha sangat dipermudah dan dapat menekan cost (biaya) yang besar dan dapat dikerjakan hanya di rumah dan dikerjakan sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya gaji karyawan, biaya transportasi ketempat usaha, dll.
Cara-cara sukses dengan usaha dengan system online:
1. Memilih media sosial / online.
Mulailah memanfaatkan media sosial yang gratis, pisahkan antara media sosial yang milik pribadi dengan milik bisnis Anda. Karena apabila dijadikan satu maka akan terlihat kurang professional.
    2. Foto atau video yang menarik.
Bualah foto-foto yan menarik dan jangan terkesan seadanya karena manusia banyak yang memiliki sifat visual dan untuk usaha di media sosial harus gambar atau foto yang eye catching serta siapkan pula video dan usahakan buat sebanyak-banyaknya untuk bahan pada media sosial bisnis Anda.
   3. Konsisten mengunggah foto atau video.
Jangan malas mengunggah foto atau video produk Anda secara konsisten, karena konsisten menjadi salah satu kunci penting. Mengunggah foto dan video secara konsisten akan menarik perhatian pengikut atau follower, menambah pengikut atau follower baru, dan membentuk awareness terhadap dagangan Anda. Buatlah foto atau video diikuti keterangan foto yang menarik.
   4. Kekuatan hashtag.
Jangan lupa memberikan hashtag atau tanda pagar dengan kata-kata yang catchy dan popular agar foto-foto dan video Anda mudah ditemukan pengguna media sosial yang belum menjadi pengikut atau follower Anda ciptakan pula hashtag unik untuk memudahkan orang mengenali produk dan nama akun media sosial usaha Anda. 
   5. Penawaran khusus.
Berikan diskon khusus, hadiah, crossselling atau upselling secara berkala untuk memikat perhatian orang. Gunakan hashtag unik sebagai persyaratan untuk membeli barang promosi. Strategi ini pada dasarnya menghasilkan pemasaran gratis untuk bisnis Anda, pengguna yang berpartisipasi akan mengiklankan profil Anda kepada semua pengikut mereka sendiri. Selain itu, pengguna baru akan dipaksa untuk mengikuti profil Anda dan menambah pasar potensial.
   6. Cross selling.
Pernahkah Anda ditawarkan tambahan produk hanya dengan menambah sejumlah uang, misalnya pada salah satu restoran ayam goreng siap saji selalu ditawarkan sebuah album music dari beberapa band (musisi) lokal hanya dengan membeli paket makanannya dan sejumlah uang. Yang demikian itu dalam bisnis disebut dengan cross selling.
   7. Upselling.
Pernahkah Anda ditawarkan tambahan ukuran hanya dengan menambah sejumlah uang, misalnya pada salah satu restoran siap saji selalu ditawarkan penambahan ukuran minumannya hanya dengan membeli paket makanannya dan sejumlah uang. Yang demikian itu dalam bisnis disebut dengan upselling.
   8. Crossposting.
Koneksikan media sosial Anda dengan media sosial lainnya sepert facebook, twitter, tumbl, google+ dan lain-lain. Dengan begini foto-foto dan video yang Anda unggah tidak terbatas dilihat pengikut Anda saja, tetapi bisa juga diakses teman-teman di akun media sosial lainnya. 
   9. Iklan.
Berpromosi atau iklan juga perlu dilakukan, sisihkan sedikit dana promosi/iklan seperti membuat kartu nama, stiker, atau flyer. Bicara iklan banyak cara dalam beriklan dalam media sosial ada sebutan endorsement. Buat desain yang menarik agar media promosi Anda tidak dibuang begitu saja. 
   10.  E-commerce.

Adalah media yang sudah disediakan oleh beberapa pengusaha penyedia layanan bisnis online yang dapat kita manfaatkan untuk berjualan produk kita dan dengan bergabung dengan E-commerce maka penjualan kita dapat secara otomatis dapat dilihat oleh calon pelanggan yang tiada batas.

Coach Koko Baskoro, Spsi
Bussiness Coach, Life Coach, Psychology Coach
Info Bisnis Coaching & Counseling : 081585577783
follow Instagram @kokobaskoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar